Loading...

Gerhana Matahari Total Di Indonesia 2016

Loading...
Gerhana akan terjadi di Asia Pasifik pada hari Rabu, 9 Maret, dan akan terlihat dalam majemuk fase mulai dari Jepang hingga ke Australia.


Siang hari akan bermetamorfosis malam bagi jutaan orang, ketika bulan melintas sempurna di depan matahari dan menimbulkan gerhana matahari total.

Pada hari Rabu, 9 Maret, penduduk di beberapa penggalan Australia dan Asia Tenggara akan sanggup menyaksikan gerhana matahari total ini. Fenomena ini juga akan sanggup terlihat di Hawaii, pada garis tanggal internasional sebelah timur, di mana penanggalan masih akan mengatakan hari Selasa, 8 Maret. Bagi mereka yang berada di wilayah yang lebih jauh ke barat atau timur di Eropa dan Amerika, hari sudah akan malam, sehingga matahari tidak akan terlihat.

Inilah yang perlu Anda ketahui:

Apa yang dimaksud dengan gerhana matahari?

Gerhana matahari terjadi ketika Bulan melintas pribadi di antara Bumi dan Matahari, menimbulkan bayangan jatuh menimpa Bumi. Ini hanya sanggup terjadi pada fase bulan gres - ketika sisi gelap bulan menghadap ke Bumi.


Sebaliknya, gerhana bulan terjadi ketika Bumi melintas di antara Matahari dan Bulan, menimbulkan bayangan menutupi bulan purnama.

Di mana dan kapan melihat gerhana

Grafik yang dibentuk oleh NASA berikut ini akan mengatakan di mana Anda sanggup melihat pemandangan gerhana yang terbaik.


Karena Bumi berputar, maka daerah terbaik untuk melihat gerhana yaitu di sepanjang zona biru pusat. Jika Anda cukup beruntung untuk berada di zona tersebut – yang sebagian besar terbentang di Indonesia – maka Anda akan sanggup menyaksikan matahari tertutup seluruhnya oleh bulan.

Jika Anda berada jauh di sebelah utara atau selatan dari titik tersebut, Anda hanya akan sanggup melihat gerhana sebagian. Misalnya, penduduk di Darwin di Australia Utara akan sanggup melihat 60% dari matahari yang tertutup oleh bulan. Dan orang-orang di Perth di wilayah selatan akan sanggup melihat 10% dari matahari yang terhalang.

Di sebelah utara, orang-orang di Vietnam selatan dan Thailand akan melihat 60% gerhana, sedangkan sebagian besar orang di Jepang sanggup melihat 20% dari gerhana.

Jika Anda resah dengan waktu (dan tanggal) yang ditampilkan pada grafik tersebut, jangan khawatir – gerhana tidak akan terjadi pada tengah malam. Waktu yang dipakai yaitu waktu Universal, yang sama dengan Waktu Greenwich. Anda sanggup memakai Google atau situs menyerupai ini untuk mengubahnya menjadi waktu setempat.

Berikut yaitu kali:
  • Palembang, Sumatra: 07.21
  • Jakarta (parsial gerhana matahari): 07.21
  • Palu, Sulawesi: 08.38
  • Ternate, Malaku: 09.53
Gerhana total waktu menonton akan satu jam kedua sisi kali tersebut.

Hal yang paling penting

Jangan melihat pribadi ke matahari.

Gerhana ini sendiri sanggup dilihat secara kondusif dengan mata telanjang hanya dalam waktu beberapa detik saja, dan hanya jikalau Anda berada di lokasi di mana matahari benar-benar tertutup seluruhnya oleh bulan.

Melihat secercah saja sinar matahari pada ketika terjadi gerhana sanggup menimbulkan kerusakan mata permanen atau kebutaan.

Dan kacamata hitam Anda pun tidak akan membantu. Baca terus untuk mengetahui cara paling kondusif menyaksikan gerhana.

Cara menyaksikan gerhana

Seperti yang telah kami peringatkan di atas: jangan melihat pribadi ke arah matahari. Meski begitu, ada beberapa alat yang sanggup Anda gunakan untuk melihat matahari dengan aman. Anda sanggup membeli “kaca mata tukang las nomor 14” dari toko peralatan las atau dari beberapa toko perkakas lainnya. Anda juga sanggup memakai mylar beraluminium yang sanggup dipotong dengan gunting.

Cara lain untuk menyaksikan gerhana yaitu dengan menciptakan kamera lubang jarum Anda sendiri.
Pada dasarnya, Anda hanya perlu menciptakan sebuah lubang pada sebuah kotak, dan menaruh beberapa kertas di belakangnya. Ikuti petunjuk dalam video ini:


Seberapa sering gerhana matahari terjadi?

Gerhana matahari sanggup terjadi hingga lima kali dalam setahun, meskipun fenomena ini cukup langka. NASA menyimpan daftar gerhana yang telah kemudian dan gerhana yang akan datang, dan berdasarkan mereka, dalam 5.000 tahun terakhir hanya ada 25 tahun yang mempunyai lima gerhana matahari.

Setiap gerhana sanggup dilihat dari lokasi yang berbeda-beda. Misalnya, pada tahun 2015 gerhana matahari total sanggup dilihat dari Inggris, tetapi orang-orang di Inggris tidak akan sanggup melihat yang berikutnya lagi hingga tahun 2090.







Sumber http://www.referensidunia.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gerhana Matahari Total Di Indonesia 2016"

Posting Komentar