Loading...

Teknologi Korea Utara Mengandalkan Tablet Samjiyon

Loading...


Assalamualaikum..

Korea Utara terbilang menerapkan hukum yang sangat ketat untuk banyak sektor di negaranya. Selain gaya potonganrambut, film yang harus ditonton atau membungkuk disetiap patung pejabat negara, negara pimpinan Kim Jong Un ini jugamenerapkan hukum ketat memakai gadget.

Mereka yang sudah sanggup memproduksi tablet sendiri memerintahkan seluruh rakyatnya untuk hanta memakai tablet bermerek Samjuyon ini. Mulau dari produksi sampai penjualannya diawasi pribadi oleh pemerintah. Samjiyon dijual seharga 200 dolar AS ataubsekitar RP. 2,3 juta.

Tak ibarat tablet pasaran pada umumnya, jalan masuk isu didalamnya pun diatur oleh pemerintah. Tak ada koneksi WiFi. Untuk internetan, tablet dirancang untuk terkoneksi dengan jaringan lokal yang dikendalikan penuh oleh pihak berwenang. Produksi perangkat ini dekelola Kementrian Informasi Korea Utara.



Samjiyon mempunyai layar 7 inci, prosesor 1,2GHz dengan RAM 1GB, kapasitas penyimpana internal 16 GB dan memakai sistem operasi Android. Namun, tidak dijelaskan versi Android apa yang dipakai, ibarat dilansir Softpedia, tidak ada keterangan mengenai resolusi layar tablet tersebut. Namun kabarnya terbilang rendah, sekitar 800x600 pixel. Di dalam Samjiyon ada 500 kamus dan cukup banyak eBook dengan sejumlah karya penulis ternama yang tersedia secarai Pre-instal. Meskipun diawasi pemerintah, pengguna masih sanggup menikmati aplikasi terkenal ibarat Angry Birds.

Sumber: Koran Pikiran Rakyat edisi Kamis, 21 Agustus 2014.

Wassalam..

Sumber http://www.cgaptek.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknologi Korea Utara Mengandalkan Tablet Samjiyon"

Posting Komentar