Loading...

Artikel Sepak Bola Sejarah Asian Games, Tuan Rumah Dan Juara Semenjak Awal





                                                                             

Asian Games merupakan pertandingan Olah Raga terbesar di Asia yang diselenggarakan empat tahun sekali, Asian Games awalnya merupakan ajang olahraga di Asia kecil. Far Eastern Championship Games diadakan untuk memperlihatkan kesatuan dan kolaborasi antar tiga negara, yakni kerajaan Jepang, Kerajaan Filipina dan Republik Tiongkok. Asian Games pertama kali ia adakan di Manila pada tahun 1913 dan negara – negara Asia lainnya berpartisipasi sesudah diselenggarakan, namun sempat juga diberhentikan pada tahun 1938, ketika itu Jepang mempunyai konflik dengan Tiongkok dan Filipina yang lalu konflik tersebut menjdai penyebab Perang Dunia ke II.
Setelah  Perang Dunia Ke II sejumlah negara di Asia mendapatkan kemerdekaannya. Negara-negara gres tersebut meninginkan sebuah kompetisi yang gres dan pada Agustus 1948 ketika itu Olimpiade sedang berlangsung di London perwakilan dari negara India  Guru Dutt Sondhi mengusulkan kepada para pemimpin kontingen dari negara-negara Asia untuk mengadakan Asian Games. Usulan tersebut disambut dan disetujui Seluruh perwakilan dan membentuk Federasi Atletik Asia.
Panitia persiapan dibuat untuk menciptakan rancangan piagam untuk federasi atletik amatir Asia. Pada Februari 1949 federasi atletik Asia terbentuk dan memakai nama Federasi Asian Games (Asian Games Federation). Dan menyepakati untuk mengadakan Asian Games pertama pada 1951 dan india terpilih menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya yakni di kota New Delhi, dan juga dibuat  kesepakatan bahwa Asian Games akan diselenggarakan setiap empat tahun sekali.
Pada 1962 Federasi juga mengalami perselisihan  dikarenakan diikutsertakannya Taiwan dan Israel Pada ketika itu Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games menentang keikutsertaan Taiwan dan Israel. Pada tahun 1970 Korea selatan ditunjuk menjadi tuan rumah namun Kore Selatan membatalkan rencananya untuk menjadi tuan rumah Asian Games yang disebabkan lantaran bahaya keamanan dari Negara Korea Utara yang lalu  penyelenggaraan Asian Games dipindahkan ke Bangkok Thailand dengan pendanaan dari Korea Selatan.
Di tahun 1973 Federasi mengalami perselisihan kembali sesudah akreditasi dari beberapa negara ibarat Amerika Serikat dan negara-negara lainnya tentanng keberadaan Republik Rakyat Tiongkok dan negara-negara Arab juga sangat menentang keterlibatan Israel.
Pada tahun 1977 Pakistan juga pernah membatalkan rencananya sebagai tuan rumah Asian Games lantaran konflik yang terjadi antara Bangladehs dan Pakistan dan pada ketika itu  juga Thailand memperlihatkan proteksi dan Asian Games diadakan kembali di Bangkok.
Kemudian sesudah beberapa penyelenggaraan Asian Games, Komite Olimpiade negara-negara Asia menetapkan untuk merevisi konstitusi Federasi Asian Games. Sebuah asosiasi baru, yang berjulukan Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA) dibentuk. India sudah ditetapkan sebagai tuan rumah pada tahun 1982 dan OCA menetapkan untuk tidak mengubah jadwal yang sudah ada. OCA resmi mengawasi penyelenggaraan Asian Games mulai dari tahun 1986 pada Asian Games di Korea Selatan.
Pada tahun 1994, berbeda dengan negara-negara lainnya, OCA mengakui negara-negara penggalan Uni Soviet, Kazakhstan, Kirgistan, Uzbekistan,Turkmenistan dan Tajikistan.

Nah berikut ini merupakan cabang – cabang olah raga yang  dipertandingkan  di Asian Games :
Panahan           Atletik              Bulu Tangkis               Bola Basket     Mendayung                  Tinju                Kriket              Bersepeda        Menyelam        Berkuda           Anggar             Hoki    Lapangan         Sepak Bola            Golf     Senam              Artistik             Bola Tangan    Judo     Kabaddi           Karate Pancalomba     Modren             Bersampan       Rugbi               Berlayar           Sepak Takraw              Menembak       Soft      Tenis    Skuas             Renang                        Pencak Silat Renang Indah      Tenis Meja                   Taek Wondo    Tenis    Trilomba            Bola Volli        Polo Air           Angkat Besi     Gulat    Wushu             e-Sport

Tahun penyelenggara dan juara dari Tahun ke tahun
Asian Games
KE
Negara
Penyelenggara
Tahun
Juara
1
India, New Delhi
1951
Jepang
2
Filipina, Manila
1954
Jepang
3
Jepang, Tokyo
1958
Jepang
4
Indonesia, Jakarta
1962
Jepang
5
Bangkok, Thailand
1966
Jepang
6
Korea Selatan – Bangkok
Thailand
1970
Jepang
7
Taheran, Iran
1974
Jepang
8
Pakistan – Bangkok
1978
Jepang
9
New Delhi, India
1982
Republik Rakyat Tiongkok
10
Seoul, Korea Selatan
1986
Republik Rakyat Tiongkok
11
Beijing, Cina
1990
Republik Rakyat Tiongkok
12
Hiroshima, Jepang
1994
Republik Rakyat Tiongkok
13
Bangkok, Thailand
1998
Republik Rakyat Tiongkok
14
Busan, Korea Selatan
2002
Republik Rakyat Tiongkok
15
Doha, Qatar
2006
Republik Rakyat Tiongkok
16
Guangzhouo, Cina
2010
Republik Rakyat Tiongkok
17
Incheon, Korea Selatan
2014
Republik Rakyat Tiongkok
18
Jakarta – Palembang
Indonesia
2018
??????
19
Guangzhouo, Cina
2022

20
Nagoya, Jepang
2026




Sumber https://inspirasisikulitbundar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Artikel Sepak Bola Sejarah Asian Games, Tuan Rumah Dan Juara Semenjak Awal"

Posting Komentar