Loading...

Artikel Sepak Bola Nomor Punggung Yang Dipensiunkan Oleh Klub Sepak Bola



1.   PELE

Pele merupakan salah satu pemain yang mempunyai nomor punggung yang dipensiunkan oleh klub sepak bola. Legenda Brasil yang telah memenangkan tiga Piala Dunia, Pele mendapat penghormatan tinggi dari New York Cosmos meski hanya memperkuat klub tersebut selama dua tahun.
Si Mutiara Hitam bermain untuk klub masa kecilnya Santos selama hampir dua dekade dan ia pindah ke Amerika Serikat hanya untuk meningkatkan popularitas dan reputasinya.

Pele menciptakan 107 penampilan dan mencetak 64 gol untuk Cosmos. Setelah sang pemain pensiun, klub juga memutuskan memensiunkan nomor punggung 10 yang dikenakan Pele.
NY Cosmos sempat dibubarkan pada tahun 1985 dan didirikan lagi pada tahun 2010.

2.   MARADONA

Maradona bermain di Napoli dari tahun 1984–1991 , tampil sebanyak 188 kali dan berhasil mencetak 81 gol. Hingga ketika ini tidak ada lagi pemain Napoli yang menggunakan nomor punggung 10 sesudah Diego Maradona meninggalkan klub itu. Maradona memperlihatkan dua gelar Scudetto di kota Naples.

3.   ROBERTO BAGGIO

Sebelum bermain di Berscia,Roberto Baggio pernah bermain di klub Vicenza (1982–1985) , Fiorentina (1985–1990) , Juventus (1990–1995) , Milan (1995–1997) , Bologna (1997–1998) dan Internazionale (1998–2000) 

Brescia jadi klub terakhir Roberto Baggio sebelum pensiun. Tak ada lagi pemain lain yang menggunakan nomor 10 di klub itu. Baggio bermain di Brescia dari tahun 2000–2004 ,bermain sebanyak 95 berkelahi dan mencetak 45 gol

4.   PAOLO MALDINI

Paulo Maldini ialah salah satu pesepak bola legenda Italia . Yang sepanjang kariernya ia hanya bermain di klub AC Milan , di mana ia paling sering diposisikan sebagai bek kiri dan bek tengah. Ia bertinggi badan 188 cm. dan pada ketika aktif bermain Maldini sangat identik dengan nomor punggung 3.

Dan hingga kini Nomor punggung 3 AC Milan sementara dipensiunkan sesudah Paolo Maldini gantung sepatu. Nomor itu akan digunakan apabila anak Paolo, Christian, bermain di klub itu

5. JAVIER ZENETTI

Javier Zanetti ialah seorang mantan pemain sepak bola asal Argentina yang menjadi legenda untuk klub Serie A Italia , Inter Milan .Javier Zanetti bermain untuk Inter Milan Sejak 1995 dan menjabat kapten semenjak 29 Agustus 1999 menggantikan Giuseppe Bergomi hingga pensiun pada tahun 2014.

Javier Zanetti ialah sosok besar di Inter Milan yang selalu menggunakan nomor punggung 4 di jerseynya dan hingga ketika ini nomor punggung 4 pun dipensiunkan sebagai penghormatan kepada Zenetti. Selain nomor 4, ada juga nomor 3 milik almarhum Giacinto Fachetti yang di pensiunkan oleh klub.

6.   JOHAN CRUYFF

Tak usai ditanya lagi apa alasan Ajax Amsterdam memensiunkan nomor 14 milik Johan Cruyff. Cruyff sangat identik dengan nomor tersebut, Cruyff juga merupakan identitas klub asal Belanda tersebut berkat sederet trofi yang pernah diberikannya.

7.   FRANCO BARESI

Sebelum Paolo Maldini, AC Milan lebih dulu mempensiunkan nomor enam milik Franco Baresi. Baresi telah bermain dalam rentan 20 tahun bersama AC Milan dari tahun 1977–1997. dimana ia hanyamembela I Rossonerri sepanjang karirnya.Total 21 gelar yang ia persembahkan dengan sumbangsih 719 pertandingan dan 33 gol. Sebagai pemain bertahan, ia juga termasuk salah satu bek terbaik sepanjang masa.

8.   RAUL GONZALES

Salah satu permain terhebat Real Madrid, ialah Raul  Gonzales mendapat perlakuan yang istimewa dari Schalke sesudah bermain untuk klub Jerman tersebut. Setelah menghabiskan 15 tahun karirnya di Real Madrid, penyerang asal Spanyol itu bergabung dengan klub Bundesliga dan menghabiskan dua ekspresi dominan di sana dengan memperlihatkan efek yang positif di klub.Namun, Royal Blues mengambil langkah mengejutkan dengan memensiunkan jersey nomor 7 untuk menghormati Raul sesudah sang pemain meninggalkan klub. Meski bergabung di usia 30-an, Raul bisa mencetak 40 gol dalam dua musim.

9.   GIANFANCO ZOLA

Tak ada pengumuman atau pernyataan khusus dari Chelsea untuk memensiunkan nomor punggung 25. Namun semenjak Gianfanco Zola meninggalkan The Blues pada tahun 2003. semenjak itu dan hingga ketika itu tidak ada lagi yang menggunakan nomor punggung 25. Zola sendiri memang merupakan salah satu legenda Chelsea di kala simpulan 1990an dan awal 2000an. Sepanjang kariernya membela The Blues, pemain asal Italia itu bisa mencatatkan 312 penampilan dan mencetak 80 gol.

10.  DAVIDE ASTORI


Davide Astori mendapat perlakuan istimewa dari dua klub yang pernah ia bela yaitu Cagliari dan Fiorentina. Davide Astori meninggal dunia pada 4 Maret 2018 sebab gagal jantung. Cagliari, yang pernah dibela Astori pada 2008-2016, memensiunkan nomor punggung 13. begitu juga Fiorentina sebagai klub terakhir Davide Astori juga memensiunkan nomor 13.

11.  MARC VIVIAN FOE

Marc Vivian Foe merupakan pemain Manchester City, ketika mereka mendengar kabar Marc-Vivien Foe meninggal sebab serangan jantung ketika tampil di Piala Konfederasi 2001 bersama Kamerun. Manchester City memesiunkan nomor 23 milik Marc-Vivien Foe.

12.     ANTONIO PUERTA

Sebenarnya Nomor 16 Sevilla juga tak lagi digunakan sesudah Antonio Puerta meninggal tahun 2007 sebab serangan jantung. Namun sebab hukum La Liga terkait nomor punggung, Sevilla terpaksa menghidupkan nomor itu lagi.

13.     IVAN ZAMORANO

Nomor punggung pesepak bola berkebangsaan Chili ini gotong royong sangat unik yaitu 1 + 8 ia bermain di Liga Italia untuk internazionale dari tahun 1996 – 2000. Ivan Zamorano hengkang dari Real Madrid ke Inter Milan pada tahun 1996. Sebenarnya, di Inter Milan ia ingin mengenakan nomor punggung 9, namun ketika itu nomor tersebut sudah digunakan oleh striker terbaik pada waktu itu, Ronaldo. Begitupun nomor 10 yang sudah digunakan oleh Roberto Baggio. Sehingga ia menciptakan nomor punggung yang sangat unik yaitu 1 + 8 yang jika di jumlahkan jadi 9 sesuai dengan nomor punggung yang ia inginkan.

14.     ERI IRIANTO
Tidak hanya dalam sepak bola luar negeri saja yang memensiunkan nomor punggung pemain. Di tanah air juga ada yaitu nomor punggung 19 milik Eri Irianto di Persibaya Surabaya. Sampai kapanpun tak akan ada lagi yang menggunakan nomor punggung 19 di kostum Persebaya Surabaya . Alasannya, nomor punggung itu telah dipensiunkan untuk menghormati jasa-jasa Eri Irianto yang meninggal sesudah mengalami insiden disebuah pertandingan bersama Persebaya.

Dalam berkelahi Liga Indonesia pada 3 April 2000 di Stadion Gelora 10 November, Eri kala itu tampil membela Persebaya untuk menghadapi PSIM Yogyakarta. Di tengah-tengah jalannya laga, Eri bertabrakan dengan pemain PSIM asal Gabon, Samson Noujine Kinga. Ia pingsan dan eksklusif
dilarikan kerumah sakit. Pada malam harinya, Eri dinyatakan meninggal dunia akhir terkena serangan jantung. Karenanya, untuk menghormati jasa-jasa Eri, Persebaya kemudian memensiunkan nomor punggung 19 miliknya.

15.  CHOIRUL HUDA
Satu lagi nomor punggung yang di pensiunkan oleh klub yang berasal dari tanah air ialah nomor punggung 1 milik Choirul Huda . Kapten tim sekaligus kiper andalan Persela Lamongan. Choirul Huda, ialah kiper yang selalu setia mengawal gawang Persela semenjak awal kariernya, tutup usia akhir benturan keras dengan rekan setimnya, Ramon Rodrigues, ketika berkelahi kontra Semen Padang.
Benturan itu menciptakan Huda mendapat perawatan intensif di rumah sakit selama beberapa jam sebelum mengembuskan napas terakhir.

Pengabdian kiper senior yang menghabiskan seluruh kariernya di Persela, menciptakan tak akan ada lagi kiper yang menggunakan nomor punggung 1 di masa depan. Karena klub resmi memensiunkan nomor punggung yang pernah digunakan Choirul Huda dengan alasan pengabdian Huda di Persela yang tidak diragukan lagi dan sebagai bentuk penghormatan administrasi Persela terhadap loyalitas Huda

Itulah beberapa nomor - nomor punggung yang di pensiunkan oleh klub sepak bola sebab banyak sekali alasan, ibarat meninggal dunia atau hanya sebagai penghormatan kepada si pemilik nomor yang sudah begitu banyak berjasa pada klub yang ia bela.


Sumber https://inspirasisikulitbundar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Artikel Sepak Bola Nomor Punggung Yang Dipensiunkan Oleh Klub Sepak Bola"

Posting Komentar