Loading...

Artikel Sepak Bola Indonesia Negara Asia Pertama Yang Tampil Di Piala Dunia



Bagi pera pecinta sepak bola dunia sangat menantikan pesta sepakbola terbesar seluruh dunia ini. Turnamen empat tahunan ini sudah 21 kali diselenggarakan semenjak tahun 1930. Seluruh Negara –negara di Dunia sangat bersemangat dan ingin selalu ikut serta ambil potongan disetiap penyelenggaraannya.  Negara – Negara sepak bola yang berasal dari Benua Eropa mungkin  sudah sering ikut ambil potongan dalam penyelenggaraan Piala Dunia ini atau bahkan ada beberapa Negara yang Mungkin setiap penyelenggaraan Piala Dunia selalu tampil sebagai peserta.
Sangat berbeda dengan Negara-Negara  yang berasal dari Benua Asia yang jatah dan potensi untuk dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan Piala Dunia sangat kecil dan begitu ketat persaingan menuju putaran Final Piala Dunia. Adapun Negara – Negara Asia yang merupakan langganan Piala Dunia yakni menyerupai Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Korea Utara dan beberapa Negara lainnya yang juga sudah pernah merasakan betapa sengitnya berlaga di turnamen besar menyerupai Piala Dunia. Namun tahu kah para pembaca semua Negara  manakah  yang pertama sekali yang berlaga di pentas Piala Dunia yang berasal dari benua Asia.
Yang ada di benak para pembaca semua mungkin jawabannya  adalah Jepang atau Korea Selatan maupun Negara – Negara yang selalu tampil pada pergelaran Piala Dunia, tapi itu semua salah jawabnnya yakni Indonesia. Yap Indonesia merupakan Negara Asia pertama yang berlaga di Piala Dunia jauh Sebelum merdeka dari jajahan Belanda dan Jepang, Indonesia, ketika itu berjulukan Hindia Belanda, pernah tampil di Piala Dunia 1938 yang digelar di Perancis dan menjadi tim Asia Tenggara satu-satunya yang pernah merasakan turnamen tersebut. Catatan sejarah itu juga rupanya diakui oleh federasi sepakbola dunia (FIFA).

Melalui akun twitter resminya, FIFA memposting sebuah tanya jawab melalui akun @FIFAWorldCup. Pertanyaan tersebut adalah, "Tim Asia manakah yang pertama kali tampil di Piala Dunia?." Kemudian mereka menjawab, "Hindia Belanda, yang kini dikenal dengan Indonesia, tampil di Piala Dunia 1938 di Prancis."  Q: Who were the first team from Asia to appear at a #WorldCup? A: The Dutch East Indies, known now as 🇮🇩Indonesia (@pssi__fai), reached the 1938 finals in 🇫🇷France #TBT 📽 👉https://t.co/wlRphQQa95 pic.twitter.com/K2T3u4Zn9w — FIFA World Cup 🏆 (@FIFAWorldCup) January 26, 2018.
Piala Dunia 1938 sendiri merupakan edisi ketiga yang digelar dari tanggal 5 Juni sampai 19 Juni 1938 di Prancis. Sebanyak 16 tim ambil potongan pada turnamen itu, dengan menggunakan sistem gugur. Tetapi kelolosan mereka sendiri layaknya sebuah hadiah. Asia memang diberikan jatah satu daerah di putaran simpulan Piala Dunia ketika itu, dan hanya dua tim yang memperebutkannya, sebelum kemudian Jepang mengundurkan diri.  Namun, dalam kiprahnya, Hindia Belanda harus takluk dengan skor 6-0 dari Hungaria di berkelahi perdana yang mengakibatkan mereka pribadi tereliminasi.
Namun semenjak ketika itu sampai kini Indonesia belum pernah dapat tampil lagi dalam pergelaran Piala Dunia, gampang – mudahan suatu ketika nanti Indonesia dapat di pentas Piala Dunia sebab merupakan suatu kebanggan tersendiri buat seluruh penikmat sepak bola dan seluruh  rakyat Indonesia.


Sumber https://inspirasisikulitbundar.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Artikel Sepak Bola Indonesia Negara Asia Pertama Yang Tampil Di Piala Dunia"

Posting Komentar