Loading...

10 Golongan Orang Islam Yang Tidak Memasuki Surga

Surga yakni daerah yang penuh  dengan kenikmatan yang disediakan untuk-orang-orang yang taat kepada Allah dan Rasulnya.  Surga selalu terbuka bagi siapa pun dari orang Islam yang menginginkannya, maka dipersilahkan memasukinya Tentu saja ada persyaratannya. 

Ilustrasi gambar : Youtube.com

Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Setiap ummatku niscaya akan masuk surga, kecuali yang tidak mau." Sahabat bertanya, "Ya Rasulallah, siapa yang tidak mau?" Beliau menjawab, "Mereka yang mentaatiku akan masuk nirwana dan yang menetangku maka ia telah enggan masuk surga." (HR. Bukhar) 

Sebaliknya, bagi orang mengingkari Allah Swt dan Rasulnya sudah dipastikan masuk neraka. Meski punya banyak perbuatan yang terbilang baik di mata manusia. Tapi sayang di mata Allah Swt justru ia merupakan penentang utama. 

Allah Swt mengutus Nabi dan Rasul, ia malah mengingkarinya. Allah menurunkan kitab suci, ia malah membuangnya. Adapun golongan orang Islam yang tidak masuk nirwana adalah, 

Ibnu Abas ra. berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda, "Ada sepuluh golongan dari umatku yang tidak akan masuk surga, kecuali bagi yang bertaubat. Mereka itu yakni al-qalla’, al-jayyuf, al-qattat, ad-daibub, ad-dayyus, shahibul arthabah, shahibul qubah, al-‘utul, az-zanim, dan al-‘aq li walidaih." Selanjutnya Rasulullah ditanya siapakah mereka itu. Lalu rasulullah Saw menjawab dan menjelaskan satu persatu. 

1. Al-Qalla’ yakni orang yang suka mondar-mandir kepada penguasa untuk memperlihatkan laporan batil dan palsu. 

2. Al-Jayyuf yakni orang yang suka menggali kuburan untuk mencuri kain kafan dan sebagainya.

3. Al-Qattat yakni orang yang suka mengadu domba dan bahagia dengan permusuhan. 

4. Ad-Daibub yakni germo atau orang yang menjadi pengelola dan mediator antara para pelacur dengan pelanggan atau pemakainya. 

5. Ad-Dayyus yakni pria yang tidak punya rasa cemburu terhadap istrinya, anak perempuannya, dan saudara perempuannya.

6. Shahibul Arthabah yakni penabuh gendang besar yang sengaja untuk meramaikan aktivitas yang beraroma dosa. 

7. Shahibul Qubah yakni penabuh gendang kecil yang sengaja untuk memeriahkan aktivitas yang berbau maksiat. 

8. Al-’Utul yakni orang yang tidak mau memaafkan kesalahan orang lain yang meminta maaf atas dosa yang dilakukannya, dan tidak mau mendapatkan alasan orang lain. 

9. Az-Zanim yakni orang yang dilahirkan dari hasil perzinaan yang suka duduk-duduk di pinggir jalan guna menggunjing orang lain. 

10. Al-’Aq li Walidaih yakni anak atau orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya. 

Demikianlah sahabat bacaan Islami klarifikasi wacana 10 golongan umat Islam yang tidak masuk surga. Dari kesepuluh golongan tersebut sudah terlihat bahwa orang-orang tersebut yakni orang-orang yang tidak taat kepada Allah Swt dan Rasulnya. Mudah-mudahan kita tidak masuk diantara golongan orang-orang tersebut. Aamiin.

Sumber  : https://www.erickgirimukti.com/search?q=10-golongan-orang-islam-tidak-akan



Sumber https://www.armadaberkah.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Golongan Orang Islam Yang Tidak Memasuki Surga"

Posting Komentar