loading...

Inilah Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Loading...

 menyerupai yang sudah saya tulis beberapa hari yang kemudian dengan judul  Inilah Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qodar, menyerupai yang sudah saya tulis beberapa hari yang kemudian dengan judul Inilah Tanda-tanda Orang Yang Mendapatkan LAILATUL QODAR, yakni Malam yang penuh berkah, bahkan malam yang lebih elok dari pada 1000 bulan sebagimana Allah berfirman لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْر ( “Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan.” (Al Qadr: 3).


Inilah Diantaranya Keutamaan Malam Lailatul Qodar:

1. Lailatul Qadar yakni Malam Nuzulul Qur’an

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْر

“Kami telah menurunkan Al Qur’an ini pada malam ‘Lailatul Qadar’.” (QS Al Qadr: 1).


2. Ibadah pada Lailatul Qadar Lebih Baik dari 1000 Bulan

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْر

“Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan.” (Al Qadr: 3).

Menurut DR. Ahmad Zain An Najah, para ulama berbeda pendapat ihwal maksud ayat di atas, akan tetapi lebih banyak didominasi ulama menyampaikan bahwa amalan pada malam hari itu lebih baik dari amalan seribu malam yang tidak terdapat di dalamnya Lailatul Qadar.


3. Para Malaikat dan Jibril Turun untuk Mengatur Segala Urusan

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (A Qadar: 4).

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إنها ليلة سابعة، أو تاسعة وعشرين، وإن الملائكة تلك الليلة في الأرض أكثر من عدد الحصى‏

“Sesungguhnya Lailatul Qadar itu akan turun pada malam 27 atau 29, dan bahu-membahu malaikat yang ada di muka bumi pada malam itu lebih banyak dari pada jumlah kerikil.” (HR Ibnu Khuzaimah, hasan).


4. Lailatul Qadar yakni Malam Kesejahteraan

Para malaikat pun menawarkan salam kepada kaum Mukminin mereka hingga terbit fajar.

سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar.” (Al Qadar: 5).


5. Lailatul Qadar yakni Malam yang Penuh Berkah

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ

“Kami telah menurunkan Al-Qur’an ini pada malam yang penuh berkah.” (QS Ad Dukhan: 2).


6. Lailatul Qadar yakni Malam Penetapan Takdir Seluruh Makhluk dalam Setahun

فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

“Pada malam itu ditetapkan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS Ad Dukhan: 3).


7. Diampuni Dosa Masa Lalu bagi Yang Beribadah pada Lailatul Qadar dengan Ikhlas dan Iman

Dalilnya yakni sabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيْمَانًا وَاحْتِسَاًبا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa yang berdiri (untuk beribadah) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan keikhlasan, pasti Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau.” (HR Bukhari dan Muslim)


Kapan Datangnya  Malam Lailatul Qadar?

Diriwayatkan dari Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam bahwa pada malam tersebut terjadi pada tanggal malam 21 23 25 27 29 dan selesai malam bulan Ramadhan. (Pendapat-pendapat yg ada dalam dilema ini berbeda-beda, Imam Iraqi telah mengarang suatu risalah khusus diberi judul Syarh Shadr bi Dzikri Lailatul Qadar membawakan perkataan para ulama dalam dilema ini)

Imam Syafi'i berkata "Menurut pemahamanku wallahu a'lam Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam menjawab sesuai yg ditanyakan dikala ditanyakan kepada dia 'Apakah kami mencari di malam ini?' Beliau menjawab 'Carilah di malam tersebut.'"

Pendapat yg paling berpengaruh terjadi malam Lailatul Qadar itu pada malam terakhir bulan Ramadhan menurut hadits 'Aisyah Radhiyallahu 'anha dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam beri'tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan dia bersabda:

"Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan." (Bukhari (4/225) dan Muslim (1169))

Jika seseorang merasa lemah atau tidak bisa janganlah hingga terluput dari tujuh hari terakhir sebab riwayat dari Ibnu Umar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Carilah di sepuluh hari terakhir jikalau tak bisa maka janganlah hingga terluput tujuh hari sisanya." (HR. Bukhari (4/221) dan Muslim (1165))

"Aku melihat mimpi kalian telah terjadi barangsiapa yg mencari carilah pada tujuh nari terakhir."

Telah diketahui dalam sunnah pemberitahuan ini ada sebab perdebatan para shahabat. Dari Ubadah bin Shamit Radhiyallahu 'anhu ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasalam keluar pada malam Lailatul Qadar ada dua orang sahabat berdebat kemudian dia bersabda:

"Aku keluar utk mengkhabarkan kepada kalian ihwal malam Lailatul Qadar tapi ada dua orang berdebat hingga tak bisa lagi diketahui kapan mungkin ini lbh baik bagi kalian carilah di malam 29 27 25 (dan dalam riwayat lain tujuh sembilan dan lima)." (HR. Bukhari (4/232))

Telah banyak hadits yg mengisyaratkan bahwa amalan Lailatul Qadar itu pada sepuluh hari terakhir yg lain menegaskan dimalam ganjil sepuluh hari terakhir. Hadits yg pertama sifat umum sedang hadits keuda adl khusus maka riwayat yg khusus lbh diutamakan daripada yg umum. Dan telah banyak hadits yg lbh menandakan bahwa malam Lailatul Qadar itu ada pada tujuh hari terakhir bulan Ramadhan tetapi ini dibatasi kalau tak bisa dan lemah tak ada dilema dgn ini cocoklah hadits-hadits tersebut tak saling bertentangan bahkan bersatu tak terpisah.

Kesimpulannya jikalau seorang muslim mencari malam Lailatul Qadar carilah pada malam ganjil sepuluh hari terakhir 21 23 25 27 dan 29. Kalau lemah dan tak bisa mencari pada sepuluh hari terakhir maka carilah pada malam ganjil tujuh hari terakhir yaitu 25 27 dan 29. Wallahu a'lam.


Bagaimana Mencari Malam Lailatul Qadar:

Maka dari itu dianjurkan bagi seluruh muslimin supaya bersemangat dalam berbuat ketaatan kepada Allah untuk menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan pengharapan pahala-Nya yg besar jikalau telah berbuat demikian maka dosa-dosa yg telah lalu.akan diampuni oleh Allah SWT.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Barangsiapa berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dgn penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah maka diampuni dosa-dosa yg telah lalu." (HR. Bukhari (4/217) dan Muslim (759))

Disunnahkan untuk memperbanyak do'a pada malam tersebut, Telah diriwayatkan dari Sayyidah 'Aisyah Radhiyallahu 'anha bahwa dia bertanya: 

"Ya Rasulullah apa pendapatmu jikalau saya tahu kapan malam Lailatul Qadar terjadi, apa yg harus saya ucapkan?" Beliau menjawab"
"Ucapkanlah Ya Allah Engkau Maha Pengampun dan Mencintai orang yg meminta ampunan maka ampunilah aku." (HR. Tirmidzi (3760) Ibnu Majah (3850) dari 'Aisyah sanad shahih)

Semoga Allah memberkahi dan memberi taufiq kepada Kita untuk mentaati-Nya, Kita telah mengetahui bagaimana keadaan Lailatul Qadar dan keutamaannya, maka dari itu mari kita berdiri untuk menegakkan shalat malam pada sepuluh malam terakhir dibulan Romadhon ini, menghidupkan lailatul qodar dengan ibadah kepada Allah dan ajaklah istrimu dan keluargamu untuk memperbanyak amal ibadah dan ketaatan.

Dari 'Aisyah Radhiyallahu 'anha:

"Adalah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam apabila masuk pada sepuluh hari (terakhir bulan Ramadhan) dia mengencangkan kain menghidupkan malam dan membangunkan keluarganya." (HR. Bukhari (4/233) dan Muslim (1174))

Juga dari 'Aisyah dia berkata:

"Adalah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersungguh-sungguh (beribadah apabila telah masuk) malam kesepuluh (terakhir) yg tak pernah dia lakukan pada malam-malam lainnya." (Muslim (1174))


Lalu Bagaimana Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar:

Ketahuilah hamba yang taat mudah-mudahan Allah menguatkanmu dgn ruh dari-Nya dan membantu dengan pertolongan-Nya bahu-membahu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam menggambarkan pagi malam Lailatul Qadar supaya seorang muslim mengetahuinya.

Dari 'Ubai Radhiyallahu 'anhu ia berkata Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Pagi hari malam Lailatul Qadar matahari terbit tak menyilaukan menyerupai ember hingga meninggi." (Muslim (762))

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu ia berkata kami menyebutkan malam Lailatul Qadar di sisi Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam dan dia bersabda:

"Siapa di antara kalian yg ingat dikala terbit bulan menyerupai syiqi jafnah." (Muslim (1170 /Perkataan syiqi jafnah syiq arti setengah jafnah arti bejana. Al Qadhi 'Iyadh berkata "Dalam hadits ini ada arahan bahwa malam Lailatul Qadar hanya terjadi di selesai bulan krn bulan tak akan menyerupai demikian dikala terbit kecuali di akhir-akhir bulan.")

Dan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhuma ia berkata Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"(Malam) Lailatul Qadar adl malam yg indah cerah tak panas dan tak juga cuek (dan) keesokan hari cahaya sinar matahari melemah kemerah- merahan." (Thayalisi (394) Ibnu Khuzaimah (3/231) Bazzar (1/486) sanad hasan)

Semoga Kita Diberi Allah kekuatan untuk selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi segala apa yang telah dilarangnya sehingga kita bisa dan layak untuk mendapat keberkahan dari Malam Lailatul Qodar. Amin.


sumber : hasbiniy.blogspot.com

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Keutamaan Malam Lailatul Qadar"

Posting Komentar