Sering Muncul Dalam Film, Berikut Lima Makhluk Supranatural Penguasa Istana Mistik Yang Paling Populer

Loading...
Tafsimix - Misteri. Sebagai orang Indonesia yang tumbuh di antara keberagaman budaya, anda mungkin sudah tidak ajaib lagi dengan beberapa nama yang disebut-sebut sebagai sosok supranatural yang keberadaannya diakui oleh banyak orang. Menurut mitologi, sosok-sosok ini menguasai kawasan tertentu dan kerap berinteraksi dengan insan melalui mediator yang berbeda-beda. Meski ada semacam ritual yang dilakukan oleh sebagian orang untuk berkomunikasi dengan mereka, kemudian apakah sosok-sosok supranatural tersebut benar-benar ada? Berikut tafsimix rangkum beberapa makhluk supranatural yang terkenal di Indonesia.

#1 Kanjeng Ratu Kidul
Salah satu makhluk supranatural yang paling terkenal hampir di seluruh Indonesia terutama pulau Jawa dan Bali yaitu Kanjeng Ratu Kidul. Menurut mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan roh suci yang berhati mulia. Sosok ini diyakini sudah ada semenjak usang dan telah turun di banyak sekali belahan dunia dengan jati diri tokoh suci setempat di zaman yang berbeda-beda.

Sosok Kanjeng Ratu Kidul semakin dikenal luas alasannya yaitu sering dihadirkan dalam film atau cerita. Meski dongeng mengenai Kanjeng Ratu Kidul ada beberapa versi, namun sosok ini umumnya dikenal sebagai penguasa bahari selatan. Kanjeng Ratu Kidul kerap digambarkan sebagai sosok ratu pantai selatan yang menjaga pulau Jawa.

Meski ada beberapa pihak yang mengaku pernah melihat atau berinteraksi dengan Kanjeng Ratu Kidul, namun tidak ada bukti yang niscaya mengenai keberadaan sosok tersebut. Akan tetapi, sesuatu yang tidak terlihat bukan berarti tidak ada.

 Sebagai orang Indonesia yang tumbuh di antara keberagaman budaya Sering Muncul dalam Film, Berikut Lima Makhluk Supranatural Penguasa Istana Gaib yang Paling Populer

Masyarakat Jawa dan Bali pada umumnya percaya bahwa ada sosok supranatural yang menjaga pantai selatan. Bahkan ada satu anggapan yang menyebut Kanjeng Ratu Kidul merupakan golongan jin muslim yang mengakui adanya Yang Mahakuasa yang Maha Esa.

#2 Nyi Blorong
Sosok mistis berikutnya yang juga terkenal di Indonesia dan beberapa kali diangkat dalam film horor atau misteri yaitu Nyi Blorong. Menurut mitologi, Nyi Blorong merupakan sosok mistis yang cukup disegani meskipun Ia bukan seorang ratu. Sosok ini digambarkan sebagai setengah perempuan bagus yang sebagian tubuhnya dari pinggang ke bawah berwujud ular.

Nyi Blorong diyakini sebagai pemimpin pasukan dari Nyi Roro Kidul dan mempunyai kesaktian yang luar biasa. Hal itu membuatnya banyak diikuti oleh banyak sekali macam makhluk halus. Selain itu, Nyi Blorong dikenal suka berinteraksi dengan insan melalui cara yang menyesatkan, yaitu melalui pesugihan. Konon katanya Nyi Blorong memang ditugaskan untuk menyesatkan manusia.

Baca juga : Misteri Kapal Berhantu yang Paling Populer dan Menyeramkan. Benarkah kapal-kapal ini yaitu kapal hantu yang kerap muncu di lautan?

#3 Nyi Roro Kidul
Karena ada kemiripan dari segi nama, banyak pihak yang salah menganggap bahwa Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul sebagai satu sosok yang sama. Padahal, berdasarkan mereka yang memahami betul legenda keduanya, Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul yaitu dua makhluk supranatural yang berbeda.

Nyi Roro Kidul atau Nyai Loro Kidul merupakan sosok mistis yang dulunya yaitu manusia. Menurut mitologi, nyi roro kidul dulunya merupakan putri dari kerajaan Sunda yang diusir oleh sang Ayah alasannya yaitu menderita kusta. Ia kemudian bertemu dengan Kanjeng Ratu Kidul dan diangkat sebagai murid sesudah disembuhkan.

Ada pendapat yang menyampaikan bahwa Nyi Roro kidul balasannya mempunyai kekuatan yang lebih besar daripada Kanjeng Ratu Kidul dan membangun istananya sendiri. Sama menyerupai Nyi Blorong, Nyi Roro Kidul disebut suka mendatangkan kerusakan bagi insan atau dipandang sebagai sosok yang jahat, berbeda dengan Kanjeng Ratu Kidul.

#4 Mak Lampir
Makhluk supranatural berikutnya yang juga sangat terkenal di Indonesia yaitu mak Lampir. Sosok ini semakin dikenal luas semenjak kisahnya diangkat dalam film dan sinetron bertajuk Misteri Gunung Merapi. Akan tetapi, jalan dongeng yang ditampilkan di film dinilai sangat berbeda dengan legenda aslinya yang berasal dari Sumatera Barat.

Menurut mitologi, mak lampir yaitu putri yang bagus dan salah seorang murid dari seorang guru yang sakti mantraguna yang dikenal sebagai Nenek Serintil. Dengan kesaktiannya, Mak Lampir disebut berhasil menghidupkan kembali panglima Datuk Kumbang, laki-laki yang Ia cintai sesudah laki-laki itu meninggal dalam pertempuran.

Ilmu yang dipakai mak Lampir untuk menghidupkan kekasihnya menciptakan wajahnya bermetamorfosis menyeramkan. Di ketika yang bersamaan, laki-laki yang Ia hidupkan kembali justru menyebutnya sebagai sosok peneror warga. Hal itu menciptakan mak lampir sakit hati dan semenjak itu pertempuran mistik pun terus terjadi dan menciptakan warga ketakutan.

#5 Nyi Rantam Sari
Jika Kanjeng Ratu Kidul dikenal sebagai penjaga bahari selatan, Nyi Rantam Sari dikenal sebagai makhluk supranatural penjaga pantai Utara Jawa. Menurut mitologi, Nyi Rantam Sari merupakan saudara Nyi Roro Kidul dan sosok inilah yang kerap dikaitkan banyak sekali insiden misterius di Pantai Utara.

Baca juga : Misteri Pembunuhan Berantai Terhadap Lima Bersaudara. Ketika pelaku tak kunjung diketahui, siapa sangkah pembunuhnya yaitu sosok ini.

Demikianlah warta mengenai beberapa sosok supranatural yang paling terkenal di Indonesia versi tafsimix. Meskipun keberadaan mereka diyakini oleh sebagian besar atau kelompok tertentu, namun masih banyak juga yang menganggap mereka sebagai legenda atau bahkan mitos semata. Pada akhirnya, sesuatu yang sulit dibuktikan kebenarannya hanya menjadi suatu misteri termasuk legenda wacana sosok-sosok supranatural tersebut.

Image by Gunawan Kartapranata on wikimedia commons - used under a creative commons lisence.
Sumber http://kitatafsi.blogspot.com
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sering Muncul Dalam Film, Berikut Lima Makhluk Supranatural Penguasa Istana Mistik Yang Paling Populer"

Posting Komentar