Loading...

Usaha Pertanian Modal Kecil Yang Menguntungkan

Loading...


Usaha pertanian modal kecil yang menguntungkan tentu menjadi pilihan buat pengusaha pemula. Meskipun semakin menginginkan laba yang besar juga akan berdampak pada modal yang besar. Namun setidaknya seorang pemula sanggup memulai perjuangan pertanian tanpa mengeluarkan modal yang besar.

Jika anda sedang menentukan perjuangan pertanian modal kecil yang sanggup menunjukkan laba lumayan, mungkin beberapa ilham ini sanggup anda pilih untuk menentukan jenis perjuangan pertanian yang cocok.


1. Budidaya Kangkung



Budidaya kangkung jangan dipandang sebelah mata. Karena dalam budidaya kangkung terdapat nilai plus yang jarang dimiliki oleh jenis sayuran lain. Nilai plus tersebut yaitu proses absorpsi pasar dari konsumen yang sangat cepat.

Kita tahu bahwa kangkung merupakan jenis sayuran yang merakyat. Tidak hanya kalangan bawah saja yang mengkonsumsi kangkung, namun kalangan kelas atas juga mengkonsumsinya.
Atas dasar itulah kangkung menjadi perjuangan sayuran yang sangat menguntungkan.

Apabila anda akan memulai perjuangan kangkung, jangan khawatir apabila tidak mempunyai lahan pertanian baik sawah maupun tanah lapang. Anda bisa menerapkan teknik hidroponik. Cara ini sangat efektif, bahkan dengan cara ini kangkung yang dihasilkan sangat berkualitas. Dengan akar yang higienis dan sanggup dimasak tentu menjadi nilai lebih kalau anda membudidayakan kangkung hidroponik.

Biasanya dalam satu netpot berisi beberapa batang kangkung yang dikala panen menjadi 1 ikat. Jika anda mempunyai 1000 lubang tanam, maka dalam sebulan anda bisa menghasilkan 1000 ikat kangkung. Jangan khawatir tidak laku. Kangkung sangat gampang dipasarkan. Jika harga kangkung Rp 500,- maka sudah niscaya omset 500 ribu sanggup anda gunakan sebagai biaya suplemen keluarga.



2. Budidaya Selada



Budidaya selada menjadi salah satu budidaya yang sangat menguntungkan. Karena jenis sayuran ini banyak yang membutuhkan. Banyak juga masyarakat yang menggemarinya. Selain itu, rumah makan juga sering memakai selada sebagai lalapan. Tentu ini peluang bisnis untuk anda.

Alasan lain untuk membudidayakan selada yaitu harga jualnya yang tergolong mahal untuk jenis sayuran. Harganya bisa mencapai Rp 10.000,- per kg.
Tentu harga ini sangat layak untuk jenis sayuran dan bahkan sangat layak.

Untuk membudidayakan selada secara efektif juga disarankan memakai teknik hidroponik. Teknik hidroponik yang sempurna untuk selada yaitu dengan memakai teknik NFT. Sebaiknya instalasi yang dipilih ialah instalasi talang. Karena mempunyai ruang yang cukup luas untuk pertumbuhan akar selada.

Jika anda akan memulainya, sebaiknya ujicoba terlebih dahulu dengan beberapa instalasi. Sehingga kalau mengalami kegagalan tidak menjadikan kehilangan modal yang begitu besar.



3. Budidaya Sawi Putih (Kubis Cina)



Jika di kawasan saya, sayuran ini berjulukan slobor. Sawi putih sangat diminati oleh masyarakat. Selain itu, proses pemasaran dari sawi putih ino juga sangat mudah. Karena banyak pengepul sayuran yang bersedia untuk menampung sawi putih dalam jumlah yang banyak.

Harga dari sawi putih tidak begitu mahal kalau di tingkat petani. Hanya berkisar Rp 3.000,- per kg. Namun berat per batang bisa mencapai 2 - 3 kg. Sehingga potensi pendapatan per batang bisa mencapai 6 - 9 ribu rupiah. Cukup menggiurkan bukan.

Jika anda akan membudidayakan sawi putih atau slobor. Cara terbaik bisa memakai hidroponik NFT, atau Drip. Namun untuk sistem NFT perlu instalasi yang kuat. Dan perlu diketahui bahwa membudidayakan sawi putih cukup sulit. Sehingga perlu trial and error yang harus anda hadapi terlebih dahulu.


Itulah ilham perjuangan pertanian modal kecil dan berpotensi untung besar. Silahkan anda coba dan terapkan di lahan pertanian yang anda miliki. Semoga sukses dan menguntungkan.

Sumber http://cungit.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Usaha Pertanian Modal Kecil Yang Menguntungkan"

Posting Komentar