Loading...

Jumlah Dan Jenis Pakan Ikan Gurame Sesuai Umur Hingga Panen

Loading...


Jenis-jenis pakan ikan gurame sangat banyak. Karena pakan ikan gurame tidak harus pellet, dedaunan atau hijau-hijauan sanggup anda gunakan sebagai pakan.
Namun untuk hasil yang maksimal, tentu pakan gurame yang berkualitas harus anda terapkan.

Ada beberapa teknik dan teori dasar dalam penentuan pakan gurame. Sehingga jumlah pakan yang di butuhkan oleh ikan gurame sampai panen sanggup terkontrol dengan baik. Sehingga didapatkan jumlah pakan yang ideal, yang sanggup dimanfaatkan secara efektif dan efisien oleh para pembudidaya.

Pakan yang ideal untuk ikan gurame semoga mendapat pertumbuhan yang ideal adalah jenis pakan yang mempunyai kadar protein sebesar 40%. Namun hal ini tidak harus dilakukan. Karena kalau dalam sumbangan pakan tersebut ternyata banyak yang terbuang atau tersisa didalam bak tentu akan mengakibatkan kerugian. Karena harga pakan berprotein tinggi lebih mahal. Maka dari itu, sebaiknya pakan yang diberikan untuk ikan gurame mempunyai kadar protein kurang lebih sebesar 20 - 30 %.

Sedangkan rumus ideal untuk sumbangan pakan ikan gurame menurut kebutuhan protein adalah :


  • Kadar protein keseluruhan pakan minimal 31,1 %
  • Untuk materi pakan anda sanggup memakai tepung ikan, tepung daging dan dedak halus. Untuk dedaunan anda sanggup memanfaatkan talas maupun sayuran yang lain.
  • Perbandingan jumlah pakan "tepung ikan : tepung daging : dedak halus" sebesar "33 : 2 : 65" dalam jumlah 100 persen
  • Pakan diberikan sebanyak 2% dari berat ikan setiap hari.


Untuk melihat harga pakan pellet terbaru silahkan klik Disini

Sedangkan sumbangan jenis pakan untuk ikan gurame menurut umur ikan juga harus di perhatikan. Pada tahapan ini sering kali petani gurame melaksanakan kesalahan. Sehingga tidak didapatkan hasil budidaya gurame yang maksimal.

Berikut ini daftar jenis pakan yang ideal untuk ikan gurame menurut pertumbuhan ikan gurame itu sendiri

1Gurame Berumur 10 Hari

Pakan yang diberikan untuk ikan gurame berumur 10 hari adalah makanan yang berupa zat putih telur yang ada pada pundi-pundi kantung pada badan larva. Sehingga tidak perlu di berikan pakan tambahan.

2. Gurame Berumur 1 Bulan (1 cm)

Pakan yang diberikan untuk ikan gurame berumur 1 bulan atau mempunyai panjang badan 1 cm adalah berupa pakan hewani. Antara lain rayap, ulat, semut merah, dedak halus dan kuning telur yang direbus.

3. Gurame Berumur 1,5 - 3 Bulan (2 - 3 cm)

Pakan yang diberikan untuk ikan gurame berumur 2 - 3 bulan atau mempunyai panjang badan 2 - 3 cm adalah pakan hewani, tumbuhan halus, paku air dan bungkil halus.

4. Gurame Berumur 3,5 - 8 Bulan (5 - 8 cm)

Pakan yang diberikan untuk ikan gurame berumur 3,5 - 8 bulan atau mempunyai panjang badan antara 5 - 8 cm adalah tumbuh-tumbuhan halus, dedak dan pelet.

5. Umur 8 Bulan Sampai Panen

Pakan yang diberikan untuk ikan gurame berumur 8 bulan lebih adalah pelet, daun-daunan, ampas-ampasan dan dedak.

Itulah jumlah dan jenis pakan gurame yang sempurna semoga gurame cepat besar dan sehat. Untuk jumlah dari awal budidaya sampai panen sanggup anda hitung melalui rumus diatas.

Sumber http://cungit.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jumlah Dan Jenis Pakan Ikan Gurame Sesuai Umur Hingga Panen"

Posting Komentar