Loading...

Php - Menciptakan Form Untuk Mengirim Pesan Dengan Telegram Bot

Sebenarnya gundah mau diberi judul apa goresan pena kali ini. Intinya kita akan mengirimkan pesan dengan Telegram bot memakai form HTML dan bahasa pemrograman PHP. Hmm daripada bingung, lebih baik lanjut nulis 😃.
Form merupakan salah satu elemen HTML yang dipakai untuk melaksanakan interaksi dengan pengguna, baik untuk mendapatkan inputan ataupun mendapatkan warta pengguna yang selanjutnya akan diproses ke dalam server aplikasi. Biasanya form ini berisi field-field yang harus diisi oleh pengguna. Selengkapnya mengenai form silahkan baca disini.

Untuk lebih terang mengenai maksud dari goresan pena ini, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Sebenarnya gundah mau diberi judul apa goresan pena kali ini PHP - Membuat Form untuk Mengirim Pesan dengan Telegram Bot



Dapat dilihat pada gambar diatas merupakan sebuah form yang akan kita gunakan untuk mengirimkan pesan Telegram. Sebenarnya tanpa form sekalipun, kita tetap sanggup mengirimkan custom message atau komentar kepada pengguna dengan metode API yang disediakan oleh pihak Telegram. Kaprikornus form ini sengaja Saya buat untuk memudahkan hal tersebut.

Langsung saja, mari kita mulai cara menciptakan form tersebut.

Hal-hal yang harus dipersiapkan:
  • Koneksi Internet
  • Web server
  • Bot Telegram
  • Sedikit pemahaman wacana bahasa pemrograman PHP
  • Coffee Sebenarnya gundah mau diberi judul apa goresan pena kali ini PHP - Membuat Form untuk Mengirim Pesan dengan Telegram Bot

Membuat Form
Buat folder di dalam root direktori web server dengan nama bots or whatever. Pada goresan pena kali ini Saya memakai nama bots untuk folder proyeknya. Silahkan salin arahan HTML berikut ini dan simpan dengan nama index.html.

Sekarang kita buat skrip PHP-nya, simpan dengan nama sendMessage.php.
Penjelasan
Lihat pada arahan HTML pada baris berikut:
<form method="post" action="sendMessage.php">
Pada baris tersebut, kita lihat metode yang dipakai ialah POST yang berarti semua variabel inputan yang diisikan pada formulir ini akan diteruskan ke file sendMessage.php untuk dieksekusi.

<input type="text" class="form-control" name="telegram_id" placeholder="Telegram ID">
<input type="text" class="form-control" name="message_text" placeholder="Custom Text Message">
Huruf yang diberi warna merah diatas merupakan variabel yang akan dikirimkan ke file sendMessage.php. Jangan lupa untuk mengisi TOKEN bot pada file sendMessage.php.

Mengirimkan Pesan
Oke sesudah semuanya siap, kita akan coba lakukan pengujian. Pada skrip PHP diatas sanggup kita lihat parse_mode=Markdown. Ini berarti kita mengirimkan pesan dengan gaya Markdown style. Sejauh ini bot API Telegram mendukung dua style untuk mengirimkan pesan ialah Markdown style dan HTML style.
Buka alamat proyek, dalam referensi ini: disini.

Sebenarnya gundah mau diberi judul apa goresan pena kali ini PHP - Membuat Form untuk Mengirim Pesan dengan Telegram Bot

Hasilnya:
Sebenarnya gundah mau diberi judul apa goresan pena kali ini PHP - Membuat Form untuk Mengirim Pesan dengan Telegram Bot

Demikianlah postingan kali ini mengenai Membuat Form untuk Mengirim Pesan dengan Telegram Bot, kalau ada hal yang kurang dari Saya atau belum terang silahkan kirim masukkan pada komentar dibawah.
Terima kasih 😊

Demo: Telegram bot form
Sumber https://www.wadagizig.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Php - Menciptakan Form Untuk Mengirim Pesan Dengan Telegram Bot"

Posting Komentar