Loading...

Mengakses Sql Database Dengan Shell Script (Bash)

 sebetulnya sanggup secara eksklusif dilakukan dengan cara mengetikan baris perintah berikut  Mengakses SQL Database dengan Shell Script (Bash)

Mengakses SQL database sebetulnya sanggup secara eksklusif dilakukan dengan cara mengetikan baris perintah berikut ini pada terminal Linux atau command prompt (cmd) untuk sistem operasi Windows.
Jika hostname merupakan localhost:
mysql -u <username> -p
misalnya:
mysql -u root -p

Jika hostname bukan localhost:
mysql -h <hostname> -u <username> -p
misalnya:
mysql -h 1.234.567.8 -u myuser -p

Namun perintah diatas harus selalu kita ketikan setiap kali akan mengakses database. Bagaimana kalau kita melaksanakan hal tersebut secara rutin? Misalnya ingin melihat ada update apa yang telah masuk dari user, melihat apakah crontab atau scheduler berjalan dengan baik dan sebagainya.

Bahasan kita kali ini yaitu How to? Bagaimana cara mengakses sekaligus menampilkan database dan tabel yang kita pilih melalui shell script (bash) pada sistem operasi Linux, tanpa sumbangan bahasa pemrograman yang lain atau lebih dikenal dengan nama "Bash Scripting".

Penggunaan Bash Scripting sendiri lebih banyak Saya gunakan ketimbang bahasa yang lain, mungkin sebab kemudahan, keterbatasan dan kurangnya pemahaman pribadi 😊.
Sekarang kita akan memakai rujukan yang sama dengan goresan pena SQL LEFT JOIN.

Tabel personal_info:
id nama usia username
A1 Iky 15 @iky
A2 Alaen 12 @alaen
A3 Baims 10 @baims

Perumpamaannya, nama database dari tabel diatas yaitu .
Sekarang time to scripting. Tidak ada aturan niscaya untuk penempatan posisinya, tapi Saya sendiri lebih prefer memakai urutan sebagai berikut:
--host=<Anu> --user=<Anu> --password=<Anu> databaseName.
#!/bin/bash # ----------------------------------------------- # Akses database mySQL dengan shell script (bash) # -----------------------------------------------  mysql --host=myHostname --user=myUser --password=myPassword  << EOF SELECT * from personal_info;  EOF
EOF pada script diatas merupakan kependekan dari End of File, klarifikasi mengenai EOF silahkan dibaca pada laman wikipedia EOF.

Simpan script diatas dengan nama Test.sh. sh merupakan ekstensi untuk berkas shell script menyerupai bat pada sistem operasi Windows. Jangan lupa untuk memperlihatkan permission dengan perintah chmod +x Test.sh.
Sekarang kita coba sanksi script tersebut: ./Test.sh. Hasilnya yaitu menyerupai dibawah ini.

 sebetulnya sanggup secara eksklusif dilakukan dengan cara mengetikan baris perintah berikut  Mengakses SQL Database dengan Shell Script (Bash)

Output diatas menampilkan isi tabel berikut nama kolomnya, jadi untuk membersihkan atau memilah-milihnya kita sanggup menciptakan function di dalam Bash Script tersebut. Untuk menciptakan function dalam Bash Script akan kita bahas pada goresan pena selanjutnya.
Happy Scripting!.
Sumber https://www.wadagizig.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengakses Sql Database Dengan Shell Script (Bash)"

Posting Komentar