Loading...

Memasang Google Fonts Secara Offline (Local)

Google Fonts merupakan salah satu produk font milik Google yang banyak digunakan untuk proses pengembangan aplikasi terutama aplikasi web. Dengan tampilannya yang cukup bermacam-macam serta akomodasi untuk mengaksesnya, maka tak jarang hampir di semua template yang tersedia di internet baik itu gratis ataupun berbayar, memakai Google Fonts ini sebagai font bawaan mereka.

Penggunaannya cukup mudah, silahkan kunjungi situs web nya disini, kemudian pilih jenis font yang sesuai dengan selera kita. Setelah terpilih klik pada opsi "1 Family Selected". Angka 1 disini sanggup berbeda tergantung dari berapa jenis font yang kita pilih, pada goresan pena ini Saya hanya menentukan satu jenis font saja. Untuk lebih jelas, silahkan lihat gambar dibawah ini.

Google Fonts merupakan salah satu produk  Memasang Google Fonts Secara Offline (Local)

Salin aba-aba diatas, kemudian paste pada aba-aba HTML di bawah tag <head> sesuai petunjuk pada gambar. Namun belum tamat pada tahap ini, mengapa? Karena disini kita masih membutuhkan koneksi internet (online) untuk sanggup menggunakannya. Lalu bagaimana untuk membuatnya offline agar sanggup digunakan di localhost misalnya?

Caranya sederhana, pada pola diatas Kita sanggup melihat alamat font tersebut yaitu: https://fonts.googleapis.com/css?family=Source+Sans+Pro. Buka alamat tersebut, salin aba-aba CSS nya pada teks editor dan simpan pada direktori proyek lokal dengan nama font.css misalnya: /Public/html//assets/font.css, silahkan diubahsuaikan direktori proyeknya.

Perhatikan aba-aba CSS pada berkas font.css yang gres kita simpan tadi.

Google Fonts merupakan salah satu produk  Memasang Google Fonts Secara Offline (Local)

Sekarang buat sub direktori sourcesanspro (sebagai contoh), kemudian buka satu persatu alamat font yang ada pada berkas font.css di atas dan simpan di dalam sub direktori sourcesanspro yang kita buat tadi.

Google Fonts merupakan salah satu produk  Memasang Google Fonts Secara Offline (Local)
Membuka alamat font

Contoh risikonya yakni sebagai berikut.

Google Fonts merupakan salah satu produk  Memasang Google Fonts Secara Offline (Local)
Simpan secara lokal

Lakukan hal yang sama untuk semua alamat yang ada di dalam berkas font.css dan ganti semua alamatnya menjadi alamat lokal menyerupai dibawah ini.

Sebelum:
https://fonts.gstatic.com/s/sourcesanspro/v11/ODelI1aHBYDBqgeIAH2zlAC5S7WFEeHRqL6ObGQGT8o.woff2
Sesudah:
http://localhost//assets/sourcesanspro/ODelI1aHBYDBqgeIAH2zlAC5S7WFEeHRqL6ObGQGT8o.woff2
Selesai, kini kita sudah sanggup mengaksesnya secara lokal alias tanpa koneksi internet.
Demikianlah postingan mengenai cara memasang Google Fonts secara offline. Bilamana ada yang kurang mohon dikoreksi.
Thanks.
Sumber https://www.wadagizig.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memasang Google Fonts Secara Offline (Local)"

Posting Komentar