Es Puter Santan Saus Tape Singkong

Loading...
Resep Es Puter Saus Tape Santan Sederhana Spesial Asli Enak. Bulan puasa ramadhan memang paling lezat meminum minuman segar salah satunya es puter tradisional bersaus kental ini. Membuat minuman es ini sangat gampang dan sederhana apalagi kalau memang sering ke dapur orang lain. Es puter termasuk banyak aneka kreasi dan variasinya ada majemuk jenis olahan, contohnya ada es puter santan, es puter durian, es puter alpukat, es puter nangka, es puter kacang merah, es puter kacang hijau, es puter coklat, es puter susu, es puter keju, es puter kelapa muda degan, es puter jagung, dll untuk buah-buahan lain dan materi lain atau varian lain silahkan berkreasi sendiri. Masing-masing kota mempunyai ciri khas tersendiri, contohnya es puter Bandung khas Sunda, es puter Jakarta khas Betawi, es puter ancol Bandung

 Resep Es Puter Saus Tape Santan Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT ES PUTER SANTAN SAUS TAPE SINGKONG
Gambar Es Puter

Es puter atau es dung dung (juga ditulis es dong dong, es tung tung, dan es tong tong) yaitu salah satu hidangan pencuci lisan dari Indonesia serupa es krim berbahan dasar santan sebagai pengganti susu. Es puter bertekstur bergairah dan dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-diputar di dalam es kerikil dan garam.

Hidangan ini disebut es puter alasannya yaitu dalam pembuatannya, campuran diputar-putar dalam alat pembuat es hingga mengkristal. Sementara itu, nama es dung dung diambil dari onomatope bunyi yang keluar dari gong mini gantung yang biasanya dipukul-pukul oleh penjual ketika menjajakan esnya.

Cara penyajian es tradisional ini sangat sederhana yaitu dengan cone yang berbentuk kerucut atau dengan diapit dua sisi roti tawar, atau dinikmati dalam gelas kaca. Es tung-tung pun dapat diberi tambahan, menyerupai kepingan kacang, ketan hitam, kepingan buah nangka, ataupun sagu mutiara.

Sejarah asal usul mula es puter. Pada awalnya es ini diciptakan atas dorongan masyarakat yang ingin merasakan es krim, namun tak dapat menjangkau harganya. Susu yang mahal ketika itu diganti dengan santan. Penggantian materi utama inilah bahwasanya yang menciptakan rasa dari es ini menjadi lebih gurih. Namun, tampilannya dibentuk sama persis menyerupai es krim.

Sejarah awal es tung tung berawal dari keterbatasan orang Indonesia untuk menikmati es krim yang pada masa itu hanya dapat dinikmati oleh kaum tertentu. Keinginan orang indonesia untuk dapat menikmati es krim melahirkan modifikasi pembuatan es krim dengan mengganti materi utama yaitu susu dengan santan kelapa. Dengan memadukan santan kepala dengan buah-buahan lokal menyerupai kelapa muda, nangka, atau durian terciptalah es krim (ice cream) yang “lebih Indonesia” yang kita kenal dengan sebutan es puter.

Kepopuleran es ini alasannya yaitu dahulu banyak pedagang es tung tung keliling yang memperlihatkan dagangannya ke sekitar Jawa. Kini penjual es tung-tung dengan membawa gerobak kecil sudah jarang ditemukan. Namun di pesta-pesta rakyat menyerupai kesepakatan nikah atau arisan, es tung-tung terkadang masih dapat ditemukan. Bahkan baru-baru ini, pabrikan es krim sekelas Wall's pun melirik varian-varian es puter dengan rasa lokal ini.

Kita tidak perlu lagi menciptakan es puter sendiri ala rumahan bukan ala kakak abang karena, itu kita menggunakan es puter siap pakai jadi tinggal menyiapkan bahannya saja. Yang perlu kita buat yaitu saos tapainya dengan menggunakan tape singkong, santan, daun pandan agar wangi, gula pasir dan garam secukupnya. Berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi es puter saus tape singkong ketan item sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis es puter ala Abang-abang pakai gerobak maupun franshise sistem waralaba.





RESEP ES PUTER ALPUKAT


BAHAN :
  • 600 gram es puter siap pakai
  • 250 gram alpukat (avokad)
  • 200 gram tape ketan hitam/tapai item
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Es Krim Sederhana

BAHAN SAUS :
  • 300 gram tape singkong/tapai singkong ubi kayu
  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
CARA MEMBUAT ES PUTER BERSAUS :
  1. Rebus materi saus hingga mendidih, angkat, kemudian aduk hingga agak dingin.
  2. Letakkan es puter di dalam gelas es.
  3. Tambahkan alpukat dan tape ketan hitam.
  4. Siram dengan sirup tape,
  5. Sajikan segera es puter bersaus untuk 6 porsi.
TIPS & TRICKS :
  • Sebelum disiram diatas es, saus tape sebaiknya juga sudah didinginkan dulu di lemari pendingin (kulkas).

Sumber http://www.carabuatresep.blogspot.com
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Es Puter Santan Saus Tape Singkong"

Posting Komentar