loading...

Nilai Anak Buah Kapal Indonesia Ceroboh, Ketua Knkt Beberkan Dugaan Penyebab Meledaknya Kapal Dishub Dki

Loading...
Tafsimix - Berita viral. Hari ahad kemarin (22/4/2018) terjadi insiden naas yang menimpah kapal milik dinas perhubungan DKI. Kapal berjenis speedboat itu meledak di Kepulauan Seribu tepatnya di daerah Pulau Panggang. Menurut laporan, kapal tersebut membawa 45 penumpang dan 9 orang di antaranya mengalami luka bakar. Para korban yang mengalami luka bakar ialah penumpang yang duduk di cuilan belakang kapal, tak jauh dari lokasi ledakan.

Peristiwa naas tersebut terjadi sekitar pukul 10:20 WIB dikala kapal akan bergerak kembali menuju pulau Pramuka sehabis sebelumnya mengantarkan penumpang. Menurut keterangan kapolsek dan hasil pengecekan, kapal itu mengalami ledakan pada cuilan mesin yang terletak di bawah tangki.

Dalam insiden itu, nahkoda kapal berhasil menyelematkan diri sementara para korban yang mengalami luka bakar segera dilarikan ke rumah sakit umum daerah Pulau Pramuka. Para korban lalu dirujuk ke rumah sakit umum derah Koja, Jakarta Utara.

Menurut penyelidikan, kapal dishub tersebut mengalami ledakan alasannya ialah ada materi bakar yang tumpah ke dek kapal. Kapal tersebut diketahui masih menggunakan mesin tempel yang ditujukan untuk meningkatkan kecepatan kapal.

 terjadi insiden naas yang menimpah kapal milik dinas perhubungan DKI Nilai Anak Buah Kapal Indonesia Ceroboh, Ketua KNKT Beberkan Dugaan Penyebab Meledaknya Kapal Dishub DKI

Penggunaan mesin tempel pada kapal memang sanggup meningkatkan kecepatan kapal menjadi sebesar 30 sampai 35 knot. Namun penggunaan mesin tempel dinilai masih sangat beresiko bagi keselamatan penumpang alasannya ialah rawan menyebabkan percikan api atau ledakan.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono menyampaikan bahwa kapal-kapal di kepulauan seribu kebanyakan masih menggunakan mesin tempel tangki yang ditaruh di bawah dek. Jika ombak maritim cukup besar, kemungkinan materi bakar akan keluar atau tumpah di geladak kapal. Hal tersebut diduga memicu terjadinya ledakan kalau ada percikan api dari kabel listrik maupun dari tangki.

Peristiwa ledakan kapal akhir kebocoran materi bakar dan percikan api memang kerap terjadi. Menurut Soerjanto, insiden meledaknya kapal yang menggunakan mesin tempel tangki juga beberapa kali terjadi di perairan Indonesia menyerupai di Riau, Denpasar, Tarakan, Ternate, dan Papua.

Selain penggunaan mesin tempel yang beresiko, Soejanto juga mengungkapkan kemungkinan adanya keteledoran dari awak kapal. Menurut beliau, anak buah kapal di Indonesia cenderung ceroboh dan terkadang tidak membersihkan sisa-sisa materi bakar yang tumpah di geladak.

Baca juga : Kerap Terjadi Kecelakaan, Berikut Mitos Mengenai Lokasi Angker yang Disebut Meminta Tumbal. Benarkah kecelakaan tamat hidup yang terjadi di lokaso menakutkan terjadi alasannya ialah ada penunggunya?

Untuk memeriksa penyebab ledakan yang terjadi pada kapal dishub DKI, pihak terkait masih terus melaksanakan penyelidikan dan keterangan dari aneka macam saksi. Evaluasi terhadap mekanisme keamanan dan keselamatan transportasi juga dilakukan untuk perbaikan ke depannya.
Sumber http://kitatafsi.blogspot.com
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nilai Anak Buah Kapal Indonesia Ceroboh, Ketua Knkt Beberkan Dugaan Penyebab Meledaknya Kapal Dishub Dki"

Posting Komentar