loading...

Cara Gampang Menetaskan Telur Puyuh Berkualitas

Loading...


Cara untuk menetaskan telur puyuh biar mendapat bibit puyuh yang berkualitas tentu sangat sulit. Namun dengan cara yang kami bagikan disini akan menciptakan anda bisa menetaskan sendiri telur puyuh dengan hasil yang maksimal.
Cara menetasakan telur puyuh tidak jauh berbeda dengan menetaskan telur unggas lainnya.

Yang menentukan dari hasil penetasan ini yaitu kualitas indukan dan kualitas telur puyuh itu sendiri. Telur yang bisa dipakai yaitu telur yang di buahi oleh puyuh jantan. Jika anda masih sulit untuk mengawinkan puyuh betina dan puyuh jantan bisa membeli telur puyuh siap tetas. Namun untuk menghasilkan bibit yang berkualitas sebaiknya anda melaksanakan perkawinan silang sendiri.

Untuk cara menetaskan telur puyuh biar mendapat hasil yang maksimal silahkan simak uraian berikut ini


1. Pilih Telur Yang Berkualitas

Untuk menentukan telur puyuh yang terbaik perlu kecermatan. Berikut ciri-ciri telur puyuh yang baik untuk ditetaskan

● Pilih bintik telur yang merata. Jangan menentukan jenis telur yang berwarna putih semua atau biru semua.

● Pilih telur yang oval. Jangan lonjong ataupun bulat.

● Pisahkan telur yang terasa agak ringan. Telur yang ringan biasanya tidak sanggup menetas. Berat yang ideal untuk tekur puyuh yaitu 10 - 11 gram.

● Pisahkan telur yang mempunyai bintil atau tonjolan kecil. Biasanya telur menyerupai ini akan berlubang dan amis sesudah 2 hari di mesin tetas.



2. Periksa Kualitas Masin Tetas Telur

Kualitas dari mesin tetas telur juga harus di perhatikan. Faktor utama yang menentukan keberhasilan yaitu dari mesin tetas telur ini. Untuk mesin tetas telur yang baik harus mempunyai syarat-syarat berikut ini.

● Mampu menghantarkan panas secara merata

● Panas yang stabil, yaitu kisaran 38 - 39 derajat celcius

● Memiliki sistem pengatur suhu yang otomatis

● Dapat membalikan telur secara otomatis yang bisa membalikan telur sebanyak 2 kali dalam sehari di jam yang sama. Jika tidak setidakanya sanggup membalikan telur tanpa membuka mesin tetas itu sendiri.


Setelah itu, anda bisa menetaskan telur sesuai ketentuan dan cara diatas. Penetasan telur ini berlangsung selama 16 - 17 hari. Proses pembalikan telur harus dilakukan biar embrio tidak melekat pada salah satu dinding telur. Hal ini yang menjadikan telur tidak menetas.

Sumber http://cungit.blogspot.com
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Gampang Menetaskan Telur Puyuh Berkualitas"

Posting Komentar