loading...

Begini Caranya Semoga Sukses Ternak Ayam Kampung

Loading...


Ternak ayam kampung merupakan perjuangan peternakan yang banyak di lirik oleh para wirausahawan. Selain mudah, ayam kampung ini mempunyai harga yang cukup mahal. Sehingga banyak yang tertarik untuk mencobanya.

Untuk memulai perjuangan ternak ayam kampung, anda harus menentukan cara yang sempurna biar ternak ayam kampung menjadi menguntungkan.
Mungkin tips berikut ini dapat menciptakan peternakan ayam kampung anda menjadi lebih menguntungkan.

Berikut tips untuk anda :


1. Sesuaikan Dengan Modal

Untuk memulai sebuah perjuangan tentu butuh modal. Begitupun juga dengan perjuangan ternak ayam kampung.
Untuk anda yang akan memulai perjuangan ini, lihat terlebih dahulu berapa modal yang dapat anda investasikan. Yang paling penting jangan memaksakan. Sehingga anda tidak terlalu terbebani dengan bayang-bayang resiko kerugian yang tinggi.



2. Kandang

Masalah yang sering di hadapi dalam ternak ayam kampung yaitu kandang. Untuk sangkar sebaiknya anda buat sebaik mungkin. Namun dengan biaya serendah mungkin.

Anda perlu tahu, bahwa ayam kampung tidak ibarat ayam pedaging. Sehingga anda tidak perlu menciptakan sangkar ibarat peternakan ayam pedaging. Coba manfaatkan lahan di sekitar rumah. Buatlah sangkar yang sederhana. Dan mulailah dari tahap yang paling kecil.



3. Bibit

Untuk memulai ternak ayam kampung, tentu anda harus membeli bibit. Jangan lakukan metode tradisional dengan memelihara beberapa indukan biar berkembang biak. Cara ini sangat tidak di sarankan.

Untuk memulai perjuangan peternakan ayam kampung, saran kami anda membeli bibit dari penyedia bibit ayam kampung atau DOC. Untuk jumlah yang ideal yaitu sebanyak 50 ekor. Sehingga akan terlihat laba anda selama 4 bulan kedepan.



4. Manajemen Pakan

Banyak di luar sana tata cara ternak ayam kampung sekaligus memperlihatkan ransum yang tepat. Namun coba anda hitung, apakah dengan cara tersebut anda akan mendapat laba ??

Untuk cara yang terbaik yaitu dengan menentukan harga jual terlebih dahulu. Dan tentukan margin yang ingin anda peroleh.
Untuk jelasnya lihat ilustrasi berikut ini.

Misal, anda pelihara 1 ekor ayam kampung dari ukuran DOC. Harga DOC ayam kampung contohnya Rp 5.000,-
Target harga jual ayam tersebut sehabis 4 bulan yaitu Rp 35.000,- dan sasaran laba anda yaitu Rp 10.000,-

Sehingga,
harga jual ayam - harga DOC ayam - sasaran profit = Biaya pakan

Coba tentukan sendiri berapa biaya pakan yang dapat anda peroleh dari sasaran penjualan yang telah anda memutuskan sebelumnya.
Setelah mengetahui berapakah biaya pakan yang dapat anda peroleh. Langkah selanjutnya yaitu dengan menghitung ransum yang sempurna untuk ayam sesuai dengan budget yang telah anda miliki dari rumus di atas.
Praktis bukan??


Jangan anda lewatkan satu hal yang juga penting dalam memulai bisnis peternakan. Tentu akan ada binatang ternak yang mati dalam proses pembesaran. Sehingga anda harus mempertimbangkan berapa persen dari modal untuk mengatasi duduk masalah ini.

Sumber http://cungit.blogspot.com
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Caranya Semoga Sukses Ternak Ayam Kampung"

Posting Komentar