loading...

3 Cara Sumbangan Vaksin Pada Ayam Kampung

Loading...


Cara pertolongan vaksin yang benar pada ayam kampung memang harus diperhatikan. Tujuan pertolongan vaksin pada ayam kampung tentu semoga ayam kampung sanggup berkembang dengan baik. Bebas penyakit dan juga memperkecil rasio kematian.

Namun banyak peternak yang tidak begitu mengerti cara yang benar dalam pertolongan vaksin. Mungkin untuk peternak pemula hanya memperlihatkan vaksin dengan air minum saja. Padahal ada beberapa jenis vaksin yang harus diberikan. 


Untuk lebih lengkapnya sebagai berikut :

1. Vaksin Melalui Tetes Mata, Hidung, dan Mulut

Tujuan diberikan vaksin tetes ialah untuk menetralisir sifat bawaan dari induk. Sehingga sifat-sifat dari indukan yang kurang menguntungkan akan hilang. Vaksin ini cukup efektif dan efisien. Karena setiap ayam akan mendapat vaksin yang dosisnya sama rata.

Biasanya vaksin tetes diberikan pada ketika ayam kampung berumur kurang dari 1 minggu. Kelemahan dari vaksin tetes ialah tenaga dan waktu yang diperlukan cukup banyak. Namun untuk mengatasi hal tersebut sanggup dilakukan dengan 2 orang atau lebih.


2. Vaksin Air Minum

Vaksin ini diberikan dengan cara mencampurkan vaksin dengan air minun yang biasa di berikan oleh ayam kampung. Pemberian vaksin minum ini cukup gampang dan tidak merepotkan. Karena cukup mencampur vaksin dengan air minum.

Biasanya dalam pertolongan vaksin minum, takaran yang diberikan 2 kali dosis. Apabila jumlah ayam sebanyak 400 ekor. Maka takaran yang diberikan sebanyak 800 dosis. Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi ayam yang tidak begitu banyak mengkonsumsi air minum.



3. Vaksin Suntik

Vaksin suntik merupakan vaksin yang paling efektif dan efisien. Vaksin ini diberikan dengan cara di suntik pada bab tertentu ayam kampung. Sehingga vaksin akan bekerja lebih cepat.

Selain itu, memperlihatkan vaksin suntik juga sangat mudah. Karena sudah banyak toko peralatan ternak yang menjual peralatan vaksin suntik ini. 


Baca juga

1. Cara Vaksin Suntik


Itulah cara pertolongan vaksin pada ayam kampung. Sebaiknya anda memakai semua jenis metode diatas semoga ayam kampung sanggup tumbuh dengan maksimal serta memperlihatkan laba yang maksimal pula.

Sumber http://cungit.blogspot.com
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Sumbangan Vaksin Pada Ayam Kampung"

Posting Komentar