loading...

Padat Tebar Yang Ideal Ikan Gurame Lengkap Dengan Ukuran Bak

Loading...


Padat tebar untuk ikan gurame yang ideal akan memilih keberhasilan perjuangan budidaya ikan gurame itu sendiri. Karena dengan padat tebar yang benar pada ikan gurame sangat kuat terhadap tingkat resiko kematian ikan. Sehingga hal ini dihentikan anda lewatkan.

Untuk ukuran padat tebar sesungguhnya tidak sama di setiap pembudidaya. Perbedaan ini di sebabkan oleh jenis dan teknik budidaya yang mereka gunakan tidak sama.
Namun untuk pola standar jumlah padat tebar ideal pada ikan gurame sebagai berikut :

1. Padat Tebar Ikan Gurame Kolam Tanah Tadah Hujan

Ukuran padat tebar ideal ikan gurame untuk bak tanah tadah hujan atau bak tanah yang memakai air hujan yaitu 3 ekor/m².

Hal ini sebabkan oleh kadar oksigen terlarut bak tadah hujan tidak begitu memadai. Atau dibawah standar. Namun masih sanggup digunakan.
Sedangkan ukuran bak yang biasa digunakan sama dengan ukuran bak tanah pada umumnya, yaitu 50 m². Sehingga membutuhkan bibit sebanyak 150 ekor.


2. Padat Tebar Ikan Gurame Kolam Tanah Air Mengalir

Kolam ini merupakan standar untuk membudidayakan ikan gurame. Padat tebar yang ideal untuk bak ini yaitu 5 - 6 ekor/m². Padat tebar sanggup lebih banyak lantaran bak ini mempunyai kandungan oksigen terlarut yang cukup banyak.

Ukuran bak yang ideal sama dengan bak tanah lainnya. Yaitu 50 m² dengan jumlah bibit yang diharapkan yaitu 250 - 300 ekor/m².


3. Padat Tebar Ikan Gurame Kolam Terpal

Khusus untuk bak terpal ada 2 macam. Yaitu teknik konvensional dan teknik modern (bioflok).
Perbedaan padat tebar sangat mencolok, lantaran kandungan oksigen terlarut juga sangat berbeda jauh.

Jika bak terpal konvensional tidak mempunyai aerator untuk menyuplai oksigen, berbeda dengan bak terpal yang memakai sistem bioflok. Dengan begitu, jumlah padat tebar juga berbeda.

Untuk bak terpal konvensional, jumlah padat tebar ikan gurame yang ideal yaitu 3 - 4 ekor/m² dengan catatan bukan air hujan.
Sedangkan bak terpal dengan aerator, jumlah padat tebar yang ideal yaitu 7 ekor/m².


Itulah jumlah padat tebar ikan gurame yang ideal baik untuk bak tanah maupun untuk bak terpal. Selain itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk memilih jumlah padat tebar pada ikan gurame.

Diantaranya :

1. Debit Air

Untuk bak tanah yang standar biasanya memakai air yang mengalir. Selain mempercepat sirkulasi air. Cara ini juga berfungsi untuk meningkatkan jumlah kandungan oksigen terlarut.

Debit air yang ideal untuk budidaya gurame yaitu 1.5 L/detik.
Debit air ini tidak akan mengganggu pertumbuhan ikan gurame. Dan sirkulasi air akan tetap terjaga dengan baik.


2. Ketinggian Air

Ketinggian air atau kedalaman air sangat kuat dalam pertumbuhan dan kesediaan pakan alami bagi ikan. Air yang cenderung dalam sanggup menyebabkan minimnya ketersediaan pakan alami ikan berupa plankton. Sedangkan air yang dangkal cenderung lebih panas.

Untuk kedalaman air yang ideal yaitu setinggi 60cm. Ukuran ini masih sanggup anda modifikasi. Sebenarnya tidak begitu dalam justru lebih bagus. Karena sinar matahari pribadi sanggup masuk ke dasar kolam. Namun hambatan yang dihadapi air bak akan sedikit lebih panas. Cara mengatasinya anda sanggup menambahkan sedikit naungan di pinggir kolam.


3. Jenis Kolam

Jenis bak bermacam-macam. Ada bak terpal dan bak tanah. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung anda akan memakai jenis bak apa.

Namun yang harus diperhatikan yaitu bagaimana cara anda melaksanakan persiapan kolam. Apakah sudah benar atau belum.
Untuk itu, jikalau anda belum begitu paham sanggup anda baca

- Cara Membuat Kolam Tanah Ikan Gurame Baca Disini

- Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Gurame Baca Disini  

Itulah rincian dari jumlah padat tebar yang ideal untuk ikan gurame sampai persyaratan yang harus dipenuhi biar budidaya gurame yang anda kembangkan sanggup menuai kesuksesan.

Sumber http://cungit.blogspot.com
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Padat Tebar Yang Ideal Ikan Gurame Lengkap Dengan Ukuran Bak"

Posting Komentar