loading...

Cara Gampang Mengetahui Indukan Gurame Yang Sudah Matang Gonad

Loading...


Cara mengetahui indukan gurame yang sudah matang gonad tidak terlalu sulit. Karena kalau diperhatikan dengan cermat maka indukan gurame yang sudah matang gonad sanggup di ketahui. Dan tentunya ikan gurame yang sudah matang gonad tersebut mempunyai ciri-ciri yang sanggup anda perhatikan.

Sebagai pembudidaya, tentu anda harus mengetahui indukan gurame yang sudah matang gonad. Karena hal ini merupakan poin yang menentukan kesuksesan dikala akan melaksanakan pemijahan.

Jika anda belum mengetahui ciri-ciri ikan gurame atau indukan gurame yang sudah matang gonad. Berikut ini ciri-ciri yang mungkin sanggup membantu anda :


Indukan Jantan

1. Kedua Belah Rusuk dan Bagian Perut

Salah satu ciri-ciri indukan gurame betina yang sudah matang gonad yaitu terletak pada rusuk dan bab perut. Anda sanggup memperhatikannya dengan teliti. Diantara pertemuan rusuk dan perut bab bawah akan membentuk sudut tumpul. Karena berisi sel sperma yang sudah siap untuk di membuahi.


2. Tingkah Laku

Ciri-ciri yang kedua untuk indukan gurame betina yang sudah matang gonad terlihat dari tingkah lakunya. Untuk indukan betina yang sudah matang gonad, pergerakan akan sedikit lebih lincah. Hal ini alasannya ialah faktor kewaspadaan dari indukan untuk melindungi sarang dan wilayah teritorialnya.


Indukan Betina

1. Bentuk Perut Belakang

Ciri-ciri indukan guramen betina yang sudah matang gonad salah satunya terlihat di bab perut belakang sirip dada yang terlihat menggembung. Tandanya sudah terdapat sel telur yang sudah siap untuk di buahi.


2. Bentuk Sisik

Selain dari bentuk perut dan sirip. Indukan ikan gurame betina yang sudah matang gonad terlihat di bab sisik. Yaitu agak lebih renggang dan terbuka. Yang mengambarkan bahwa indukan siap untuk memijah.


Dari ciri-ciri indukan gurame yang sudah matang gonad diatas, anda juga harus melaksanakan beberapa hal untuk menunjang keberhasilan proses pemijahan. Salah satunya yaitu menawarkan pakan yang ideal untuk indukan gurame yang siap pijah.

Pakan yang sanggup anda berikan yaitu berupa pakan dedak halus yang diseduh dengan air panas dan juga hijauan. Untuk dedak halus, sebaiknya hanya diberikan 2 kali dalam seminggu. Dengan ukuran ½ blek minyak tanah.

Ukuran pakan yaitu sebanyak 10 kg setiap harinya. Untuk jumlah indukan sebanyak 10 ekor dengan berat sekitar 60 - 90 kilogram. Pakan ini sebaiknya diberikan setiap hari pada jam 16.00

Selain itu, anda juga harus menentukan indukan yang baik apabila akan melaksanakan proses pemijahan. Ciri-ciri indukan gurame yang baik ibarat berikut :


Indukan Jantan

1. Warna tubuh gelap

2. Perut bersahabat anus lancip

3. Susunan sisiknya teratur

4. Gerakannya lincah

5. Mulai produktif umur 3 - 7 tahun


Indukan Betina

1. Warna tubuh terperinci

2. Perut membulat

3. Susunan sisiknya teratur

4. Badan relatif panjang

5. Umur 5 - 10 tahun masa produktif terbaiknya

Itulah beberapa cara dan langkah untuk mengetahui ciri-ciri indukan gurame yang sudah matang gonad. Silahkan anda pelajari dan terapkan pada perjuangan budidaya gurame yang anda kelola.

Sumber http://cungit.blogspot.com
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Gampang Mengetahui Indukan Gurame Yang Sudah Matang Gonad"

Posting Komentar