loading...

Resep Masakan Bebek Madura Goreng Bumbu Hitam

Loading...
Resep Bebek Goreng Madura Bumbu Hitam atau Bebek Ireng Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Daging angsa Madura goreng yang satu ini, memang mempunyai rasa yang gurih. dibandingkan dengan daging ayam goreng biasa. Daging angsa goreng juga mempunyai tekstur yang alot sedikit keras dan anyir dibanding dengan daging unggas lainnya. Tapi jangan khawatir ada cara untuk menghilangkan basi anyir pada daging bebek, balurkan angsa dengan air jeruk nipis biarkan selama kurleb 20 menit. Kemudian balur permukaan luar dengan garam dan merica bubuk. Untuk pemilihan daging bebek, pilih angsa yang tidak terlalu renta atau pilih angsa muda atau sekitar umur angsa 3 bulan. Di Madura ada banyak macam-macam jenis aneka kreasi olahan daging angsa goreng dan ada juga angsa bakar atau panggang yang tak kalah sedap. Inilah penampakan angsa Madura atau angsa ireng..

 Resep Bebek Goreng Madura Bumbu Hitam atau Bebek Ireng Pedas Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT BEBEK GORENG MADURA BUMBU HITAM
Gambar Bebek Madura Bumbu Hitam

Misalnya ada angsa Goreng Peterongan. Makanan angsa goreng pedas ini yaitu salah satu masakan di Pulau Madura yang sangat menarik untuk dicicipi. Lokasinya terdapat di Desa Peterongan, Bangkalan Madura. Masakan ini bahannya yaitu daging angsa muda, yang berbeda yaitu potongan angsa ini digoreng pribadi bersama rempah-rempah bumbunya yang juga mengandung cabai sehingga dalam penyajiannya tidak perlu disertai sambal. Selain itu masakan angsa goreng ini tidak menyertakan sayur lalapan menyerupai halnya angsa goreng yang biasa kita temui tetapi disajikan dengan serundeng parutan kelapa.

Rasanya sangat gurih dan sudah terasa pedas. Kelemahannya yaitu penyajiannya yang tanpa kuah dan banyak mengandung minyak terkadang menciptakan kita harus sering-sering minum air dikala memakannya dengan sepiring nasi putih. Kemudian ada angsa sinjay. Bebek sinjay yaitu salah satu makanan khas Madura Bangkalan yang mempunyai citarasa bumbu yang sangat enak, tekstur dagingnya sangat empuk dan lembut, apalagi ditambah dengan sambal pedas akan semakin wah rasanya. Lalu ada angsa Songkem Madura. Nah, agak menyimpang sedikit sebagai perbandingan saja beda lagi dengan Bebek Goreng Haji H.Slamet yang justru menentukan angsa berumur paling tua. Hal itu diungkapkan oleh Sugeng yang mempunyai rumah makan Bebek Goreng H.Slamet di Joglo, Kebon Jeruk, dan Tomang. “Kalau kebanyakan rumah makan angsa menentukan angsa berumur muda, lain dengan kita. Justru kita menentukan angsa umur renta sebagai materi baku di sini,” katanya dikala ditemui di Joglo. Meski begitu, lanjutnya, daging tidak alot dan rasanya tidak kalah dengan angsa muda. Kami punya diam-diam resep yang sanggup menciptakan daging angsa empuk, gurih, dan tidak basi amis. Bebek Goreng Haji Slamet Istimewa menyajikan sajian angsa goreng garing dan renyah di luar dan lembut dan empuk di dalam. Menu inilah yang dijagokan dengan paduan Sambal Korek pedas nikmat pas mantap. Sambal mentah yang dituangkan minyak goreng panas ini menjadi primadona alasannya yaitu rasa pedasnya yang khas. Karena resep masakan bebeknya mengacu pada kawasan asal di Kartosuro, Solo, maka lalapan yang digunakan pun daun kates atau daun pepaya muda. Jangan takut pahit, alasannya yaitu daun rebus pepaya Bebek Goreng H.Slamet tidak begitu adanya. Beda lagi dengan diam-diam angsa goreng Surabaya, angsa goreng Denpasar Bali, dan diam-diam serta ciri khas angsa goreng dan angsa bakar dari kawasan lain tentu masih banyak lagi. Nanti artikelnya akan terlalu panjang untuk itu kita bahas pada artikel khusus selanjutnya saja plus diam-diam resepnya dibongkar.

Resep rica rica angsa Madura atau yang lebih di kenal dengan sebutan Resep angsa bumbu hitam Madura (Bebek Ireng) yaitu masakan yang sangat istimewa ,di karenakan sensasi rasa yang sangat unik di pengecap akan menimbulkan penikmatnya akan selalu ingin mencobanya lagi, di kawasan asal Madura sana Resep nasi angsa bumbu hitam tidak kalah terkenalnya dengan sate ayam madura yang sudah melegenda itu. Berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi angsa Madura goreng bumbu hitam khas madura yang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan perjuangan angsa Madura.





RESEP BEBEK GORENG MADURA BUMBU HITAM


BAHAN :
  • 1 ekor angsa muda Potong 8/12/16 bagian, kemudian rebus/kukus sebentar buang airnya
  • 15 lbr daun jeruk
  • 2 batang daun sereh
  • 2 buah tomat iris
  • 1 sdm asam Jawa
  • 2 sdm gula merah
  • 500 ml minyak goreng atau bebeknya hingga terendam
BUMBU DIHALUSKAN :
  • 10 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 20 buah cabai rawit merah
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
CARA MEMBUAT BEBEK GORENG MADURA BUMBU HITAM :
  1. Campurkan semua materi dan bumbu di dalam wajan, masaklah dengan cara diungkep hingga matang, sambil di aduk sesekali.
  2. Cara untuk mendapat kuah hitamnya, masaklah terus hingga bumbunya menghitam. Caranya begini, masak pertama hingga tingkat matang, kemudian besoknya gres dipanasin lagi hingga bumbunya menghitam, jadi terserah anda mau pakai cara yang mana.
  3. Sajikan.

Sumber http://www.carabuatresep.blogspot.com
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Masakan Bebek Madura Goreng Bumbu Hitam"

Posting Komentar